Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Dan Rekomendasi Yang Tepat Terhadap Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Hotel XYZ Dengan Metode Coso Framework

Main Article Content

Chyntia Marcelina Hadi Prayitno
Galuh Budi Astuti

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas sistem pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas pada Hotel XYZ Malang dan rekomendasi yang tepat dengan menggunakan metode COSO framework. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, pengendalian internal terhadap sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada Hotel XYZ Malang kurang efektif karena perusahaan masih belum memenuhi beberapa komponen COSO antara lain lingkungan pengendalian, aktivitas  pengendalian, pengawasan kinerja. Akibat  dari  permasalahan tersebut  memungkinkan terjadi ketidakjelasan kedudukan dan koordinasi oleh posisi yang tidak tercantum, karyawan tidak mengerti tugas dan tanggung jawab secara jelas dan terperinci, departemen front office tidak memiliki dokumen guest folio sebagai arsip, terjadi kecurangan, manipulasi dan penggelapan aset perusahaan oleh karyawan yang tidak bertanggungjawab, tidak ada pertanggungjawaban oleh pihak manajemen kepada owner, tidak ada kepastian dan penilaian kinerja setiap karyawan berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan, fungsi purchasing tidak memiliki dokumen advance form sebagai arsip. Perusahaan perlu melakukan perbaikan struktur organisasi, membagikan job description secara tertulis, menambah dokumen pada departemen front office, melakukan pemisahan dan penambahan karyawan, mengadakan otorisasi terhadap laporan keuangan, mengisi posisi general manager dan general secretary yang kosong, memperbaiki sistem dan prosedur pengeluaran kas melalui dana kas kecil

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marcelina Hadi Prayitno, C., & Budi Astuti, G. (2018). Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Dan Rekomendasi Yang Tepat Terhadap Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Hotel XYZ Dengan Metode Coso Framework. Akubis: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(02), 34-45. https://doi.org/10.37832/akubis.v3i02.45
Section
Articles

References

Baridwan, Zaki. 2008. Akuntansi Intermediate. edisi 8. BPFE. Yogyakarta.
Diana, Anastasia dan Setiawati, Lilis. 2011. Sistem Informasi Akuntansi: Perancangan, Proses dan Penerapan. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Djou, Germana Selvina S. 2015. Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai dan Penerimaan Kas Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern Pada PT Kemas Super Indonesia Singosari. Skripsi Universitas Katolik Widya Karya Malang.
Gany, George John Bhajo. 2013. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai dan Penerimaan Kas Sebagai Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Ratu Idaman Pratama Malang). Skripsi Universitas Katolik Widya Karya Malang.
Hall, A. James. 2009. Accounting Information System: Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta.
Larasati, Nunung. 2015. Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada UD Dua Putri Nganjuk. Skripsi Universitas Nusantara Kediri.
Manoppo, Rannita Margaretha. 2012. Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT Sinar Galesong Prima Cabang Manado. Skripsi Universitas Sam Ratulangi Manado.
Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM. 53/HM.001/MPEK.2013 Tentang Standar Hotel.
Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul John. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. edisi 13. Salemba Empat. Jakarta.