Information For Authors

PEDOMAN UMUM

  1. Naskah merupakan ringkasan hasil penelitian empiris dan artikel konseptual.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan huruf Cambria font 11. Panjang naskah sekitar 8–15 halaman dan diketik 1 spas
  3. Seting halaman adalah 1 kolom, sedangkan Judul, Identitas Penulis, dan Abstract ditulis dengan font 10.
  4. Ukuran kertas adalah A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 3 cm untuk batas atas, kanan dan kiri, sedang batas bawah adalah 2,0 cm.
  5. Naskah yang diterima hanya naskah asli yang belum diterbitkan, dengan gaya bahasa akademis dan efektif.
  6. Semua data, pendapat atau pernyataan yang terdapat pada naskah merupakan tanggung jawab penulis.  
  7. Redaksi berhak memperbaiki penulisan naskah tanpa mengubah isi naskah tersebu

SISTIMATIKA PENULISAN

  1. Bagian awal: judul, nama penulis, abstraks
  2. Bagian utama: berisi pendahuluan, Kajian literatur dan pengembangan hipotesis (jika ada), cara/metode  penelitian, hasil penelitian dan pembahasan,  dan kesimpulan dan saran (jika ada).
  3. Bagian akhir: ucapan terima kasih (jika ada) hanya ditujukan untuk penyandang dana, keterangan simbol (jika ada), dan daftar pustaka.

JUDUL DAN NAMA PENULIS

  1. Judul dicetak  dengan  huruf  besar/kapital,  dicetak  tebal  (bold)  dengan  jenis  huruf Cambria font 12, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 15.
  2. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata ”oleh”, urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya.
  3. Nama perguruan tinggi dan alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Cambria font 10.

ABSTRACT

  1. Abstract ditulis dalam bahasa Inggris, berisi tentang inti permasalahan/latar belakang penelitian, cara penelitian/pemecahan masalah, dan hasil yang diperoleh. Kata abstract dicetak tebal (bold).
  2. Jumlah kata dalam abstract tidak lebih dari 300 kata dan diketik 1 spasi.
  3. Jenis huruf abstract adalah Cambria font 10, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikan dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalima
  4. Abstract dilengkapi dengan Keywords yang terdiri atas 3-5 kata yang menjadi inti dari uraian abstraks Kata Keywords dicetak tebal (bold).

ATURAN UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Setiap sub judul ditulis dengan huruf Cambria font 11 dan dicetak tebal (bold).
  2. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first  line 0,75 cm, antar alinea  tidak diberi spasi
  3. Kata asing ditulis dengan huruf miring. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus dieja.
  4. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.
  5. Penulisan pustaka menggunakan sistem Harvard Referencing Standard. Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah.