Efisiensi Pajak dalam Pemilihan Bentuk Badan Usaha UMKM
Studi Perbandingan CV dan PT serta Peran Strategis Notaris
DOI:
https://doi.org/10.37832/akubis.v10i1.75Keywords:
Business entity selection, Fiscal efficiency, Individual Income Tax, Notary's roleAbstract
The choice of business entity by micro, small, and medium enterprises (UMKM) carries significant fiscal implications, as it determines the applicable tax regime. Generally, the Commanditaire Vennootschap (CV) is considered more tax-efficient than a Limited Liability Company (Perseroan Terbatas/PT), as profits withdrawn as prives are not subject to double taxation. However, under Indonesia's progressive Individual Income Tax (PPh OP) system, the tax burden on prive can exceed the final 10% tax rate on dividends distributed by PTs, particularly at higher income brackets. This study employs a qualitative approach through literature review and tax burden simulation comparing CV and PT. The findings reveal that the fiscal efficiency of CVs largely depends on the owner's personal income tax rate. The results emphasize the strategic role of Notaries as both legal and fiscal advisors in guiding UMKM to select the most appropriate business form. This research contributes to the tax policy discourse and strengthens the understanding of the Notary's role in fostering UMKM compliance and sustainability.
References
Anisyah. (2016). Kajian pajak terhadap dua bentuk badan usaha. Eksis, 7(1), 11–27.
Ceraolo, M. (2019/2020). Fairness in taxation: A philosophical and empirical analysis (Master’s thesis, Università di Pisa). Dipartimento di Economia e Management Scuola Superiore Sant’Anna.
Endrianto, W. (2015). Prinsip keadilan dalam pajak atas UMKM. BINUS Business Review, 6(2), 298–308.
Fitriandi, P., Setiawan, B., & Widodo, A. (2018). Pajak berganda secara ekonomis atas penghasilan dividen di Indonesia dan alternatif penyelesaiannya. Jurnal Pajak Indonesia, 2(1), 68–76. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/JPI/article/view/559/328
Fitriya. (2024, December 3). Pajak Penghasilan (PPh) Badan: Tarif dan contoh hitung. Klikpajak. https://klikpajak.id/blog/pajak-penghasilan-badan-jenis-tarif-hitung-dan-lapor-pajak/#:~:text=Tarif%20PPh%20Badan%20Terbaru%202024,-Sebelumnya%2C%20tarif%20umum&text=38%2F2008.,Pajak%202022%20hingga%20saat%20ini
Jeven. (2021, December 10). Pengenaan pajak untuk prive. Pajakku. https://artikel.pajakku.com/pengenaan-pajak-untuk-prive/
Kartiko, G., Hudiarini, S., & Nurfitriasih, D. M. (2021). Implementation of Law Number 7 of 2021 on Harmonization of Tax Regulations as an Effort to Improve the Budget Deficit and Increase the Tax Ratio. Journal of Law and Regulation Governance, 1(2). https://doi.org/10.57185/jlarg.v1i2.18
Klikpajak. (2023, November 13). Pajak CV dan PPh Final: Pajak Badan Usaha CV. Klikpajak. https://klikpajak.id/blog/pajak-cv-dan-pph-final-pajak-badan-usaha-cv/
Kartomo, S. (2020, November 27). Perlukah UMKM berbadan usaha? (Tinjauan dari perspektif pajak). Oneshildt. https://oneshildt.com/2020/11/27/perlukah-umkm-berbadan-usaha/
Kie, T. T. (2007). Studi Notariat dan Serba-Serbi Praktek Notaris (Edisi Revisi). PT Ichtiar Baru van Hoeve.
Kurniawan, V., Faisal, M., Ansori, R., & Pangaribuan, R. Y. (2024). Pengaruh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) terhadap peningkatan perekonomian Indonesia tahun 2024. Neraca Manajemen, Ekonomi, 9(4), 1–9. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Pajak.go.id. (2022, January 27). Direktur CV tidak wajib bayar pajak? Kok bisa? https://pajak.go.id/id/artikel/direktur-cv-tidak-wajib-bayar-pajak-kok-bisa
Prasetya, R. (2004). Maatschap, Firma dan Persekutuan Komanditer. PT. Citra Aditya.
Prasetya, R. (2019). Perseroan Terbatas; Teori dan Praktik (Cetakan Kelima). Sinar Grafika.
Putra, A. F. (2020). Kepatuhan wajib pajak UMKM: Pengetahuan pajak, sanksi pajak, dan modernisasi sistem. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan, 7(1), 1–12. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/jrap/article/view/1212
Sukma Sari, P. G. K. (2023, January 3). Perbedaan ketentuan perpajakan pada badan usaha UD, CV, dan PT. Pajakku. https://artikel.pajakku.com/perbedaan-ketentuan-perpajakan-pada-badan-usaha-ud-cv-dan-pt/
Su’adah, & Faisol, M. (2024). Potret Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Profesi Notaris. Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 11(1), 20–27. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter
Suasa, M. D. S., Arjaya, I. M., & Seputra, I. P. G. (2021). Asas keadilan pemungutan pajak dalam Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan. Jurnal Preferensi Hukum, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.22225/jph.2.1.3042.6-10
Peraturan dan Undang-Undang
Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pendirian Perseroan Terbatas Usaha Mikro dan Kecil. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 68.
Pemerintah Indonesia. (2018). Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 128.
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106.
Pemerintah Indonesia. (2021). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. (2020). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 245.